Penjelasan  dan Mengapa Penting Click Through Rate

Dalam ranah online advertising agency Jakarta  terlebih search ads, click through rate atau CTR merupakan tidak benar satu metrik yang paling penting untuk diperhatikan. Bahkan, besaran angka CTR sebuah iklan bisa dijadikan tolak ukur bagi keberhasilan dari campaign iklan tersebut.

Maka baiknya, sebelum akan menjalankan campaign iklan online, Anda harus sadar betul berkenaan apa itu CTR, mengapa metrik tersebut penting untuk diukur, dan bagaimana langkah memperbaikinya.

Apa itu CTR (Click Through Rate)

Sederhananya, click through rate atau CTR adalah takaran dari kuantitas klik yang didapatkan dari sekian impression (berapa kali iklan tampil).

Jika iklan Anda meraih 1.000 impression dan 1 klik, maka CTR dari iklan tersebut adalah 0,1%:

= (Jumlah Klik / Jumlah Impression) × 100%

= (1 / 1.000) × 100%

= 0,1%

Sebagai sebuah metrik, angka CTR membantu Anda untuk sadar seberapa relevan atau menarikknya iklan Anda bagi audience. Jika angka:

CTR tinggi, maka user berpikiran iklan Anda amat relevan bersama dengan Info yang mereka inginkan.

CTR rendah, maka user berpikiran iklan Anda kurang relevan bersama dengan Info yang mereka inginkan.

Mengapa CTR itu Penting?

Selain untuk mengukur relevansi iklan Anda, CTR jadi metrik yang amat penting untuk diperhatikan gara-gara dapat merubah quality score iklan Anda.

Google Ads dan platform search marketing lainnya dapat menentukan ongkos yang lebih tidak mahal untuk iklan yang dianggapnya paling relevan. Hal tersebut demikian gara-gara CTR yang tinggi dapat membantu iklan tersebut meraih quality score yang lebih tinggi pula.

Semakin tinggi quality score dari iklan, maka makin lama besar potensi untuk menjaga ad position Anda terhadap harga yang lebih murah.

Berapa Angka CTR yang Baik?

Secara statistik, angka CTR yang baik dapat amat tergantung terhadap bermacam aspek seperti type campaign, keyword yang digunakan, terhitung industri dari usaha Anda. Namun sebagai gambaran, tersebut infografis kebanyakan CTA Google Ads dari bermacam industri.

Average CTR

Dari grafik di atas bisa dicermati bahwa Google Search Ads mempunyai kebanyakan CTA yang lebih tinggi (1,91%) dari Google Display Network (0,35%).

Apakah Angka CTR Tinggi Selalu Merupakan Pertanda Baik?

Click through rate memang merupakan metrik yang penting untuk diperhatikan dalam menjalankan iklan online. Namun hal tersebut bukan artinya Anda bisa meniadakan metrik PPC (pay per click) lainnya.

Kesuksesan campaign PPC Anda tidak tetap tergantung terhadap besaran CTR dari iklan Anda. Karena tiap-tiap campaign iklan pasti mempunyai obyek yang berbeda-beda.

Jika obyek Anda adalah menjual produk sebanyak-banyaknya bersama dengan ongkos pengeluaran yang paling rendah, maka metrik yang harus Anda fokuskan untuk optimasi adalah ongkos per sale (CPS).

Jika campaign iklan Anda punya tujuan untuk mendatangkan lead, maka ongkos per lead (CPL) merupakan metrik utama yang harus Anda perhatikan.

CTR bisa dijadikan sebagai metrik utama terkecuali obyek campaign iklan Anda adalah mendatangkan traffic sebanyak-banyaknya menuju landing page.

Bahkan terhadap beberapa kasus, terkandung suasana di mana angka CTR yang tinggi merupakan hal yang buruk. Misalnya saja dikala iklan Anda menargetkan keyword yang amat umum.

Menargetkan keyword yang amat umum dapat membawa dampak cakupan audience iklan Anda makin lama luas. Dengan begitu, kemungkinan user untuk mendapatkan dan men-klik iklan Anda dapat makin lama besar, dan CTR Anda pun dapat makin lama tinggi.

Namun biasanya, traffic yang didatangkan dari keyword yang amat umum tersebut kurang berkualitas gara-gara intensi pencarian dari user yang men-klik iklan Anda amat bervariasi. Alhasil, budget iklan yang Anda keluarkan pun dapat habis sia-sia tanpa menghasilkan apapun.

Konklusi

Dari pembahasan di atas bisa disimpulkan bahwa pengukuran CTR mempunyai peran yang krusial dalam menjalankan iklan online. Tanpa terdapatnya pengukuran CTR, Anda tidak dapat bisa sadar seberapa efektifkah iklan Anda dalam mendatangkan traffic menuju landing page.

Namun, di samping CTR masih terkandung metrik PPC lainnya yang tidak kalah penting dan tidak boleh dihiraukan. Pada intinya, segala pengukuran dan pemantauan yang Anda jalankan terhadap iklan online Anda, harus didasarkan terhadap obyek utama dari campaign iklan tersebut.

Meson Digital Agency Jakarta berpengalaman mengelola PPC campaign dari merek di bermacam sektor bisnis.

Back To Top